Oleh: jayapurwo25 | Oktober 31, 2008

INFORMASI BISNIS KHAS PURBALINGGA

Purbalingga sebagai kabupaten sebagaimana kabupaten-kabupaten lain mempunyai kegiatan bisnis yang sedang dan akan terus dikembangkan. Sejumlah bisnis yang kini menjadi tumpuan Kabupaten Purbalingga dan merupakan sumber pendapatan daerah adalah sebagai berikut.

A.     Industri Knalpot

Industri knalpot di Purbalingga merupakan industri rumah tangga. Daerah penghasil knalpot di Kabupaten Purbalingga yang paling terkenal adalah Desa Sayangan. Hampir semua kepala keluarga di daerah ini, selain yang PNS, berprofesi sebagai perajin knalpot. Oleh karena itu, desa ini tidak pernah mati. Hampir sepanjang hari ada suara orang menempa seng atau plat besi untuk dibuat knalpot. Suara tempaaan itu membentuk orkestra simponi alami.

Produksi knalpot dari Sayangan, Purbalingga, di samping dijual di hampir sepanjang pinggir Jalan Sayangan, Kembaran, kota-kota di Purbalingga lainnya; juga dikirim ke daerah di luar Purbalingga, seperti Purwokerto, Banyumas, Cilacap, bahkan dikirim ke luar Jawa.

Silakan kalau Anda mampir ke Purbalingga, sempatkan berbelanja knalpot. Anda akan mendapat knalpot dengan harga murah dengan kualitas yang baik.

B.     Industri Bulu Idep

Bulu idep atau idep palsu merupakan trade mark Purbalingga di samping knalpot. Di wilayah Purbalingga terdapat puluhan industri bulu idep. Masing-masing industri biasanya mempunyai plasma yang tersebar di rumah-rumah penduduk desa.

Investor industri bulu idep di Purbalingga kebanyakan adalah orang-orang atau corporation dari Korea Selatan. Nilai investor mereka menduduki ranking tertinggi dibandingkan usaha-usaha bisnis yang lain di Purbalingga. Adapun produk industri bulu idep dari Purbalingga adalah untuk diekspor ke luar negeri, seperti negara-negara Asia, seperti Jepang, Korea, juga  Eropa dan Amerika.

Industri bulu idep di Purbalingga merupakan industri andalan daerah. Sebab, industri ini telah berhasil menyerap sektor tenaga kerja paling banyak di Purbalingga. Tenaga kerja yang menjadi tulang punggung industri ini pada umumnya adalah wanita. Mereka adalah para lulusan SD sampai SMA yang tersebar di daerah-daerah di luar main stream.

C.     Industri Pariwisata

Selain knalpot dan bulu idep, Purbalingga juga memiliki bisnis andalan di bidang pariwisata. Bisnis ini telah mampu mendatangkan pemasukan bagi daerah yang sangat signifikan. Bisnis pariwisata menduduki ranking kedua setelah industri bulu idep dalam hal pemasukan ke kas daerah.

Beberapa industri pariwisata yang cukup terkenal di Purbalingga adalah sebagai berikut.

  1. Kolam Air Owabong

Owabong merupakan tempat berekreasi air. Wisata Owabong terletak di Desa Bonjongsari, Kecamatan Bojongsari, lebih kurang 5 km dari pusat Kota Purbalingga.

Berbagai permainan yang membuat betah pengunjung berlama-lama di tempat wisata ini antara lain, water boom, papan luncur, kolam renang bertaraf internasional, taman bermain, dan lain-lain. Yang istimewa di Owabong sebagai tempat rekreasi air adalah adanya suplai air dari mata air alami. Tempatnya sangat sejuk, asri, dan masih terkesan nature.

  1. Gua Lawa

Gua Lawa terletak di daerah Karangreja, tepatnya 30 km dari pusat kota Purbalingga. Objek wisata ini merupakan gua alami yang terbentang di bukit yang memanjang dengan ketinggian 276 m di atas permukaan air laut. Hawanya cukup sejuk karena berada di lereng Gunung Slamet.

Yang menarik bagi para wisatawan setelah puas menikmati panorama gua yang masih alami, mereka bisa berbelanja buah-buahan hasil pegunungan, seperti nanas, weloh, yang harganya sangat-sangat murah.

  1. Taman Ikan Hias Purbasari

Taman Ikan Hias Purbasari terletak di Desa Purbasari, Kecamatan Padamara. Dari pusat kota lebih kurang 8 km ke arah barat. Berbagai ikan hias tersedia di taman ini. Ada ikan lele lokal, lele dumbo, lele langka dari Afrika, semua jenis ikan dalam negeri dapat dijumpai di situ. Bahkan ikan-ikan besar dari mancanegara juga dikoleksi di taman hias.

Di Taman Ikan hias Purbasari kini dilengkapi arena bermain anak-anak. Papan selancar, kolam renang, arena mandi bola. Dengan demikian, tempat ini sangat cocok sebagai tempat wisata keluarga. Di samping cocok untuk wisata keluarga, tempat ini juga cocok untuk wisata pendidikan. Pelajar bisa belajar tentang ikan sambil berrekreasi, sambil belajar juga berwisata.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: